Sabtu, 31 Oktober 2009

Memandang Resiko Bisnis Sebagai Suatu Hal Yang Positif


Resiko bisnis adalah biasa, baik itu untuk bisnis online atau bisnis offline. Karena didunia ini tidak ada orang yang tahu apa yang akan terjadi, bahkan seorang master bisnis sekalipun, tidak akan bisa menjamin hari esok. Gagal atau sukses dari suatu bisnis baik itu bisnis online ataupun bisnis offline adalah resiko bisnis. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Tuhan-lah yang memegang peranan penting dalam kesuksesan atau kegagalan. Jalani bisnis kita dengan kejujuran, semangat, dan konsisten. Resiko gagal itu selalu ada, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah anda berani untuk mengambil resiko bisnis itu. Resiko bisnis itu tidak hanya gagal tetapi sukses juga adalah resiko bisnis.

Kalau anda mau, mampu, dan berani itu adalah modal untuk langkah awal menuju sukses. Kalau anda takut, ragu-ragu ataupun ciut untuk mengambil resiko bisnis, jangan pernah melangkah untuk memulai bisnis sama sekali. Hidup anda akan jalan ditempat bahkan berhenti sampai disitu tanpa ada peningkatan jika anda tidak mau berinvestasi, tidak berani mengambil resiko bisnis.

Resiko dan sukses dalam bisnis seperti lebah dan madu. Keduanya berjodoh, saling terkait satu sama lainnya. Anda hanya harus mengelola resiko atau lebih dikenal dengan manajemen resiko. Resiko bisnis itu mutlak ada, kita tidak mungkin menghindarinya. Manajemen resiko dalam bisnis online sangat diperlukan.

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah mengenali resiko yang mungkin terjadi. Seperti resiko rugi karena modal tidak kembali, atau resiko berupa produk tak laku dan lain-lain. Setelah mengetahui resiko kita bisa menghitung resiko bisnis. Kira-kira berapa besar uang kita yang hilang akibat resiko bisnis itu.  Siapkan strategi untuk menanggulangi resiko bisnis yang ada dan menerapkannya.

Nah, benarkan? resiko dalam sebuah bisnis pasti ada dan kita sebagai pebisnis tidak dapat menghindarinya, tinggal bagaimana kita mengelola resiko itu. Kalau saya di suruh memilih mengambil sebuah bisnis dengan resiko tinggi tetapi di sisi lain bisnis itu sangat mempunyai prospek yang bagus, saya akan jalani bisnis tersebut. Karena untung dan rugi mempunyai hubungan yang linier dan searah, dan itu berarti semakin besar resiko yang kita tanggung akan semakin besar keuntungan yang akan kita peroleh.

Luar Biasa !!!

2 komentar:

  1. Saya masih binggung tentang bisnis online tapi, setelah belajar dari blog ini saya sudah mulai agak mengerti. Terima kasih informasinya sahabat

    BalasHapus
  2. memang sich segala resiko itu selalu datang di akhir tapi kalo kita bisa berani menghadapi segala tantangan dan kita yakin pasti akan berhasil....oke...ni komentar w

    BalasHapus